Resume 1 PBO
Nih gan kalo ane searching di wikipedia sih arti dari konsep2 yang ada di PBO seperti dibawah
Konsep dasar dari Pemrograman Berorientasi Objek
Pemrograman orientasi-objek menekankan konsep berikut:
* Kelas — kumpulan atas definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu. Sebagai contoh 'class of dog' adalah suatu unit yang terdiri atas definisi-definisi data dan fungsi-fungsi yang menunjuk pada berbagai macam perilaku/turunan dari anjing. Sebuah class adalah dasar dari modularitas dan struktur dalam pemrograman berorientasi object. Sebuah class secara tipikal sebaiknya dapat dikenali oleh seorang non-programmer sekalipun terkait dengan domain permasalahan yang ada, dan kode yang terdapat dalam sebuah class sebaiknya (relatif) bersifat mandiri dan independen (sebagaimana kode tersebut digunakan jika tidak menggunakan OOP). Dengan modularitas, struktur dari sebuah program akan terkait dengan aspek-aspek dalam masalah yang akan diselesaikan melalui program tersebut. Cara seperti ini akan menyederhanakan pemetaan dari masalah ke sebuah program ataupun sebaliknya.
<span class="fullpost">
* Objek - membungkus data dan fungsi bersama menjadi suatu unit dalam sebuah program komputer; objek merupakan dasar dari modularitas dan struktur dalam sebuah program komputer berorientasi objek.
* Abstraksi - Kemampuan sebuah program untuk melewati aspek informasi yang diproses olehnya, yaitu kemampuan untuk memfokus pada inti. Setiap objek dalam sistem melayani sebagai model dari "pelaku" abstrak yang dapat melakukan kerja, laporan dan perubahan keadaannya, dan berkomunikasi dengan objek lainnya dalam sistem, tanpa mengungkapkan bagaimana kelebihan ini diterapkan. Proses, fungsi atau metode dapat juga dibuat abstrak, dan beberapa teknik digunakan untuk mengembangkan sebuah pengabstrakan.
* Enkapsulasi - Memastikan pengguna sebuah objek tidak dapat mengganti keadaan dalam dari sebuah objek dengan cara yang tidak layak; hanya metode dalam objek tersebut yang diberi izin untuk mengakses keadaannya. Setiap objek mengakses interface yang menyebutkan bagaimana objek lainnya dapat berinteraksi dengannya. Objek lainnya tidak akan mengetahui dan tergantung kepada representasi dalam objek tersebut.
* Polimorfisme melalui pengiriman pesan. Tidak bergantung kepada pemanggilan subrutin, bahasa orientasi objek dapat mengirim pesan; metode tertentu yang berhubungan dengan sebuah pengiriman pesan tergantung kepada objek tertentu di mana pesa tersebut dikirim. Contohnya, bila sebuah burung menerima pesan "gerak cepat", dia akan menggerakan sayapnya dan terbang. Bila seekor singa menerima pesan yang sama, dia akan menggerakkan kakinya dan berlari. Keduanya menjawab sebuah pesan yang sama, namun yang sesuai dengan kemampuan hewan tersebut. Ini disebut polimorfisme karena sebuah variabel tungal dalam program dapat memegang berbagai jenis objek yang berbeda selagi program berjalan, dan teks program yang sama dapat memanggil beberapa metode yang berbeda di saat yang berbeda dalam pemanggilan yang sama. Hal ini berlawanan dengan bahasa fungsional yang mencapai polimorfisme melalui penggunaan fungsi kelas-pertama.
* Dengan menggunakan OOP maka dalam melakukan pemecahan suatu masalah kita tidak melihat bagaimana cara menyelesaikan suatu masalah tersebut (terstruktur) tetapi objek-objek apa yang dapat melakukan pemecahan masalah tersebut. Sebagai contoh anggap kita memiliki sebuah departemen yang memiliki manager, sekretaris, petugas administrasi data dan lainnya. Misal manager tersebut ingin memperoleh data dari bag administrasi maka manager tersebut tidak harus mengambilnya langsung tetapi dapat menyuruh petugas bag administrasi untuk mengambilnya. Pada kasus tersebut seorang manager tidak harus mengetahui bagaimana cara mengambil data tersebut tetapi manager bisa mendapatkan data tersebut melalui objek petugas adminiistrasi. Jadi untuk menyelesaikan suatu masalah dengan kolaborasi antar objek-objek yang ada karena setiap objek memiliki deskripsi tugasnya sendiri.
Nah kalo arti dari PBO itu sendiri adalah :
Versi English --> Object-oriented programming (OOP) is a programming paradigm using "objects" – data structures consisting of data fields and methods together with their interactions – to design applications and computer programs. Programming techniques may include features such as data abstraction, encapsulation, messaging, modularity, polymorphism, and inheritance. Many modern programming languages now support OOP, at least as an option.
Versi Indonesia --> Pemrograman berorientasi objek (OOP) merupakan paradigma pemrograman menggunakan "objek" - struktur data yang terdiri dari bidang data dan metode bersama dengan interaksi mereka - untuk merancang aplikasi dan program komputer. Teknik pemrograman dapat mencakup fitur seperti data abstraksi, enkapsulasi, pesan, modularitas, polimorfisme, dan pewarisan. Banyak bahasa pemrograman modern sekarang mendukung OOP, setidaknya sebagai pilihan.
Sumber : wikipedia
kata dosen ane,
System itu terdiri dari kumpulan objek
Nah objek itu sendiri memiliki apa yang disebut identitas dan method
Hubungan antara objek satu dengan yang lain dapat dilihat dari methodnya apakah mengandung unsur yang sama atau tidak.
lanjut ...........
PBO memiliki 4 Paradigma Dasar
1. Abstraction
Abstraksi menurut saya adalah hal yang tak nyata, ya dari kata nya saja abstrak
namun jika dihubungkan dengan dunia IT, abstrak adalah sebuah realita yang di asumsikan dan direpresentatifkan menjadi sebuah model atau program pada komputer.
dimana si pengguna dapat mengoprasikan suatu sistem yang berisikan kegiatan yang biasa dilakukan pada kehidupan nyata, seperti mengedit atau menambahi pada suatu sistem yang sudah ditentukan (fokus)
contoh : pada data dari suatu rumah sakit, yang awalnya hanya mengisi daftar pasien tanpa tau historikal si pasien, dengan adanya sistem yang digunakan, user bisa mengetahui apa saja historikal penyakit yang pernah dikeluhkan si pasien yang dicatat dalam sistem.
2.Encapsulation
encapsulation menurut saya adalah pengamanan suatu data yang tidak sembarangan orang mendapatkan izin untuk menambahi, merubah atau menghapus data yang telah ada. dalam encapsulation hanya beberapa orang yang memang mempunyai akses untuk beberapa objek yang di amankan sebelumnya.
contoh : absensi pada siis hanya bisa diisi oleh petugas absensi, mahasiswa tidak dapat mengakses langsung untuk merubah data yang ada pada sistem absensi tersebut
3.Inheritance
Inheritance adalah penurunan sifat dari suatu class ke class lainnya, biasanya class yang menurunkan disebut dengan class induk, karena sifat yang dimiliki sama. hal ini biasanya digunakan untuk pengaturan format yang bersifat menyeluruh dari keseluruhan sub yang ada.
Contoh :
"Induk"
Class WLogin turunan dari Class Windows
Class turunan mempunyai sifat persisi dengan induknya.
4.Polymorph
Polymorph sebenarnya sama dengan inheritance, hanya saja sifatnya atau cara kerjanya yang berbeda, jadi keturunan dari induknya mempunyai beberapa perbedaan satu dengan lainnya.
Contoh :
Concept of Class and Subject
Class is Blueprint of object
Object is Instance of Class
jadi kalo dianggap sebagai contoh
Class -----> girl
Object ---> judie, Aline, Jane
Sekian Resume dari saya, maaf jika masi terdapat kesalahan
karena manusia tak pernah luput dari yang namanya kesalahan
Stay alive now, For your Next big day ^^
</span>
Tidak ada komentar:
Posting Komentar